Home » » Abrasi Pantai Selayang Pandang Mencemaskan

Abrasi Pantai Selayang Pandang Mencemaskan

Written By nagari pessel on Rabu, 09 Januari 2013 | Rabu, Januari 09, 2013


Abrasi Pantai yang mengerus Pantai Selayang Pandang Kenagarian Pasar Baru kian parah. Akibatnya beberapa waktu belakangan abrasi menumbangkan sejumlah pohon kelapa dan tanaman milik Rini. Laju kerusakan lahan akibat abrasi kian masif.

Pemilik lahan di selayang pandang, Rini mengakui bahwa hanya beberapa bulan saja banyak pohon kelapa miliknya ambruk ke laut dan  rumahnya kian mendekati bibir pantai.

Abrasi pantai makin parah di kenagarian Pasar Baru terutama terjadi di beberapa titik. Selain di Pantai Selayang Pandang, bencana serupa juga menerjang Pantai Luhung,  Pantai Pasar Baru dan di Pantai Kampung Api-api.

Untuk mengurangi laju dan dampak  kerusakan yang kian parah pemerintah kabupaten Pessel tahun 2013 ini akan melaksanakan program pengamanan pantai berupa program reklamasi pantai.

Diprogramkan  pantai api-api disekitar TPI Api-api masuk program reklamasi Pantai karena bibir pantai hanya beberapa meter saja dari perumahan penduduk.

Tokoh muda Api-api Wempi Hardi berharap proyek yang akan dilaksanakan beberapa bulan kedepan dapat mengantisipasi laju abrasi disekitar Pantai Khususnya Api-api.

"Masyarakat berharap program reklamasi dapat mengurangi dampak bagi pemukiman warga" ujarnya optimis.

Menurut Wempi, akibat laju abrasi pemukiman penduduk terancam, usaha antisipasi yang dilakukan pemerintah diharapkan dapat mengurangi resiko.<wendi>
Share this article :
Comments
0 Comments

Translate


 
Support : Website Alirman Sori | Pesisir Selatan | Indonesia
Copyright © 2013. Nagari Kito - All Rights Reserved
Created by Pasisia.com Published by Jasaweblog
Proudly powered by Hsb